Sabtu, 08 Januari 2011

Tugas Kelompok 4 (Costco WholeSale)


Core Bussiness:
  • Penjualan
  • Pembelian
  • Pemasaran
  • Penataan Barang
Knowledge Goal:
Strategic Knowledge Goal
Operational Knowledge Goal
Normative Knowledge Goal
       Berharap menjadi supermarket terdepan dengan produk yang murah dan berkualitas
       Meningkatkan loyalitas pelanggan (membuat pelanggan tidak beralih ke supermarket lainnya)
       Meningkatkan penjualan menjadi 10 kali lipat dalam waktu 2 tahun
       Meningkatkan ITO(Inventory Turn Over) tiap produk menjadi 10 kali lipat dalam 2 tahun
       Meningkatkan jumlah pelanggan menjadi 10 kali lipat dalam 2 tahun
       Membantu mempercepat proses transaksi pembayaran
       Membantu costumer service untuk menjawab pertanyaan/penyelesaian keluhan pelanggan dengan cepat dan akurat
       Membantu bagian pembelian untuk memilih suplier yang menjual barang dengan harga murah dan berkualitas dengan cepat
       Membantu bagian gudang untuk menata barang dengan efektif sehingga penjualan sehari-hari meningkat drastis
       Membantu bagian pemasaran untuk lebih handal menarik minat pelanggan atau calon pelanggan untuk berbelanja, sehingga jumlah pelanggan harian meningkat
       Membantu bagian pemasaran mempromosikan produk kepada pelanggan dengan adanya program direct email sehingga biaya yang dikeluarkan perusahaan tetap rendah

       Membiasakan manajer gudang untuk berinovasi sendiri terhadap tata letak barang sehingga memaksimalkan penjualan dan ITO
       Membiasakan karyawan untuk berbagi pengetahuan
       Membiasakan agar seluruh karyawan memperlakukan sesamanya dengan sopan sehingga tercipta suasana kerja  yang kondusif
       Membiasakan seluruh karyawan untuk self learning
       Membiasakan seluruh karyawan agar terus berinovasi dan berprestasi 


Identifying Knowledge:
Struktural Knowledge
Functional Knowledge
Behavior Knowledge
   Struktur organisasi
       isi: penjelasan mengenai tingkatan jabatan, tugas-tugasnya
       untuk siapa: seluruh pegawai costco wholesale
       untuk apa: supaya seluruh karyawan mengetahui lingkup tugasnya dan jika ada masalah tau harus lapor kemana
   Aturan penataan/ peletakan barang
       Isi: supaya barang dagangan diletakkan diatas rak dan bisa juga ditaruh di atas pallets berisi barang dengan jumlah besar
       Untuk siapa: seluruh pegawai dan manajer bagian gudang
       Untuk apa: supaya pegawai mengetahui peletakkan barang yang diperbolehkan
   Standar perekrutan karyawan
       Isi: Syarat pendidikan, Tahap seleksi, wawancara, dan pelatihan yang harus dijalani.
       Untuk siapa: Bagian Perekrutan
       Untuk apa: agar calon karyawan memiliki keterampilan dan kompetensi yang diharapkan
   Aturan Pemasaran
       Isi: pemasaran dan promosi dibatasi, hanya dilakukan pada saat promo spesial untuk pembukaan gudang baru, pemasaran menggunakan direct mail ke member baru yang prospektif
       Untuk siapa: pegawai bagian pemasaran
       Untuk apa: supaya bagian pemasaran mengetahui pemasaran yang diperbolehkan oleh costco hanya pada saat apa saja dan menggunakan media apa
   Aturan Pembelian
       Isi: costco hanya membeli barang yang berkualitas, paling banyak/laku dibeli masyarakat dan dengan harga termurah
       Untuk siapa: pegawai dan manajer bagian pembelian
       Untuk apa: supaya bagian pembelian hanya membeli barang yang laku terjual dan tidak mengecewakan konsumen
  Tips dan trik pemasaran
     Isi: kata-kata apa yang digunakan agar menarik konsumen untuk belanja di costco
     Untuk siapa: bagian pemasaran
     Untuk apa:supaya bagian pemasaran dapat meningkatkan jumlah pelanggan dan meningkatkan  penjualan
  Tips dan trik pembelian
     Isi: jika ingin membeli suatu barang dengan harga murah dan beerkualitas, beli di supplier ini atau langsung ke perusahaannya
     Untuk siapa: bagian pembelian
     Untuk apa: supayacostco dapat menyediakan dan menjual barang dengan harga murah dan berkualitas
  Tips dan trik penataan barang
     Isi: peletakkan barang yang efektif itu seperti apa, suatu barang harus diletakkan disebelah mana sehingga penjualan barang tersebut meningkat
     Untuk siapa: bagian gudang
     Untuk apa: untuk meningkatkan penjualan dan ITO tiap barang
  Tips dan trik menghadapi keluhan pelanggan
     Isi: cara-cara menghadapi/ menangani keluhan pelanggan
     Untuk siapa: bagian customer service
     Untuk apa: supaya karyawan tidak kecewa belanja di costco dan setia berbelanja di costco
  Tips dan trik penekanan biaya
     Isi: cara-cara yang dilakukan untuk menekan biaya produksi
     Untuk siapa: bagian pemasaran
     Untuk apa: untuk membuat biaya yang dikeluarkan perusahaan tetap rendah dibandingkan pusat grosir, dan supermarket lainnya

  briefing produk untuk tiap pegawai baru
     isi: keterangan mengenai semua produk yang dijual Costco (kegunaannya, cara pakainya/aturan pakainya)
     untuk siapa: seluruh pegawai Costco
     untuk apa: supaya pegawai baru dapat menerangkan cara penggunaan dan detail produk yang dijual Costco kepada pembeli, sehingga pembeli puas akan pelayanan costco
  Pelayanan yang baik terhadap pelanggan
     Isi: bagaimana bersikap dalam melayani pelanggan
     Untuk siapa: bagian customer service
     Untuk apa: untuk meberikan pelayanan yang memuaskan pada pelanggan dan meningkatkan loyalitas pelanggan
  Menghormati pemasok
     Isi: bagaimana cara melayani pemasok dan perwakilan mereka jika berkunjung ke perusahaan
     Untuk siapa: karyawan costco
     Untuk apa: untuk menjaga hubungan baik dengan pemasok


Fitur-fiturnya:
  • Discussion Forum
                 berisi interaksi antar karyawan, mengenai berbagai macam hal yang dapat meningkatkan kemampuan tiap karyawan dan berbagai macam saran mereka untuk kemajuan Costco wholeSale
  • Product Knowledge
                didalam Product Knowledge ini berisi keterangan mengenai nama produk, harga produk, manfaat, tata cara pemakaian, keunggulan produk, dan tata cara peletakan
  • Teaching Material
                ditujukan khusus bagi karyawan baru agar dapat langsung mengerti dan menjalani tugasnya dengan baik juga melayani pelanggan dengan baik
  • Help Desk
                berisi berbagai macam pertanyaan serta jawabannya yang umumnya di tanyakan oleh karyawan, berfungsi untuk membantu mengatasi masalah karyawan
  • Tips & Trik
                berisi berbagai macam tips / solusi yang di share antar karyawan Costco dan terbukti berhasil untuk meningkatkan efektifitas pemasaran dan penjualan dari Costco
  • Peraturan dan Standar Perusahaan
                berisi tentang peraturan-peraturan yang harus ditaati karyawan dan berbagai macam standar yang ditentukan oleh Costco WholeSale
  • Solusi Keluhan Pelanggan (costumer CBR)
                berisi berbagai macam record solusi dari berbagai macam keluhan pelanggan yang sudah pernah terjadi atau diselesaikan 



Balanced Score Card:
  • Perspektif proses bisnis internal
  Tiap keluhan pelanggan terselesaikan dalam waktu maksimal 6 menit
  Downtime server maksimal 2 jam perbulan
  Jumlah transaksi harian meningkat 10% dari pada sebelumnya
  Jumlah penjualan tiap produk minimal 5 buah tiap bulannya
  • Perspektif finansial
  Target jumlah member bertambah minimal 5 tiap bulannya
  Jumlah profit meningkat 3% dari tahun sebelumnya
  • Perspektif pelanggan
  Target membuat member melakukan pembelian minimal 1 kali tiap bulannya
  Target mencetak foto maksimal 1,5 jam setelah dikirim
  Kepuasan konsumen terhadap kualitas barang dan pelayanan minimal 90% berdasarkan survey
  • Perspektif pembelajaran dan pertumbuhan
  Target tiap orang minimal posting 5 post di forum diskusi tiap bulan